Profil Anggota KPU dan Pejabat Struktural Kabupaten Soppeng Periode 2013 – 2018

Selama 3 (tiga) bulan tahapan rekruitmen anggota KPU Kabupaten Soppeng melewati proses seleksi, yang pada akhirnya melahirkan anggota KPU Kabupaten Soppeng yang baru dengan masa kerja 2013 – 2018.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota KPU Kabupaten Soppeng periode 2013 – 2018 dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 29 juni 2013  bertempat di Hotel Singgasana Makassar.

Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan kehidupan politik dan pertumbuhan kehidupan berbangsa dan bernegara anggota KPU dituntut untuk mampu membangun dan meningkatkan citra KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang memiliki integritas, akuntabel, kredibilitas dan profesionalitas demi terwujudnya demokrasi Indonesia yang berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Harapan tersebut diatas, tidak hanya menjadi tugas anggota KPU, melainkan pula menjadi tugas jajaran sekretariat KPU karena ditangan KPU dan jajaran Sekretariat KPU, citra KPU dapat terwujud, yang diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Pemilu 2014 menjadi demokrasi yang produktif, jujur dan adil.

ANGGOTA KPU SOPPENG PERIODE 2013-2018

  1. Ketua : Amrayadi, SH
Ketua-Amrayadi

Biodata :

Tengah pada Fakultas Hukum tahun 1998. Karena kegemarannya berorganisasi, ia pernah menjadi Ketua Karang Taruna Kel. Bila, Pengurus ICMI ORDA Kab. Soppeng, Pengurus Gasis, Ketua LBH Sema Keadilan, dan Ketua pada Kantor Pengacara dan Penasihat Hukum “Amrayadi, SH & Partner”, pengurus Sewo Putra FC 1999 – sekarang.

Riwayat pekerjaan yang pernah dilalui antara lain : sebagai advokat tahun 2001, dan akhirnya bergelut di dunia kepemiluan yang diawali pada tahun 2003 sebagai Ketua Panwaslu Soppeng, Panwas Pilkada Soppeng 2005, Panwas Pilgub 2007, setelah 3 tahun di Panwas, beralih menjadi anggota KPU Kabupaten Soppeng periode 2008 – 2013, dan sebagai Ketua KPU Kabupaten Soppeng 2013 – 2018.

2. Anggota        : Abdul Rasyid, SH

abd. rasyid

Biodata :

Setelah menjadi anggota Panwaslu Kabupaten Soppeng tahun 2009, kemudian dipercaya menjadi Ketua Panwaslu Kabupaten Soppeng tahun 2010 sampai 2012, kini ayah 2 orang puteri dan seorang putera ini terpilih menjadi salah satu anggota KPU Kabupaten Soppeng periode 2013 – 2018.

Abdul Rasyid, SH adalah suami dari Sumiati Tahir, SH, pria kelahiran Soppeng 1 Januari 1973 ini adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, universitas terbesar di Indonesia Timur.

Aktif di berbagai kegiatan organisasi diantaranya sebagai sekretaris Maperwa Fak. Hukum Unhas 2006 – 2007, sebagai Sekretaris KMA-PBS Unhas 2006 – 2007, Pengurus HMI komisariat FH UH 2007, Dewan Pembina Hasanuddin Law Studi Centre 1998, Ketua LSM Anti Korupsi “SOMASI” di Watansoppeng 2006, Ketua LSM LP2OD Watansoppeng 2006-2012,Ketua LBH Cita Keadilan Watansoppeng 2006 – 2012, serta Ketua DPC AAI Kab. Soppeng 2011 – 2014.

3. Anggota : Asniati Muin, S.IP

asniati muin

Biodata :

Lahir di Mattoanging, 26 Juni 1977. Menjadi Anggota KPU Kabupaten Soppeng untuk periode kedua adalah tantangan tersendiri bagi ibu 3 (tiga) orang anak ini yang menikah dengan Muhammad Said, S.Sos, M.Si. Terpilihnya kembali menjadi Komisioner KPU Kabupaten Soppeng menjadi tantangan baginya untuk bekerja lebih baik dalam menegakkan nilai-nilai demokrasi dan menciptakan Pemilu yang berkualitas.

Setelah bertanggungjawab di divisi Sosisalisasi dan Pengembangan SDM, kini alumnus jurusan Hubungan Internasional FISIP UNHAS ini dipercayakan untuk menangani Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu. Dalam kesehariannya sebagai komisioner, Asniati Muin, S.IP juga mencoba memberikan sumbangsih di dunia pendidikan Kabupaten Soppeng dengan menjadi Direktur Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Kreativitas Anak (LP2KA) SMART sejak tahun 2007 sampai sekarang. Selain itu, Ia juga pernah bekerja sebagai pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Al Gazali dan STIE/ AMIK Lamappapoleonro, dan pada saat ini ia masih tercatat sebagai salah satu pengajar di STISIPOL Pettabaringeng.

4. Anggota : Marwis,S.Ag  M.Si

Biodata :

Akrab di lingkungan teman seaktifisnya dipanggil CAKWIS lahir di Bila  Soppeng,  tanggal 7 Februari 1978. Dikaruniai seorang putri bernama St.Mawdiya Mardhiya dari buah pernikahannya dengan Hasmiah. Menyelesaikan pendidikan dasarnya di SDN 18 Mangkawani (1990). Setelah menuntaskan studi di Mts Pesantren   Yasrib, dia melanjutkan ke jenjang Madrasah Aliyah tamat Tahun 1996. Kemudian melanjutkan jenjang Strata Satu di IAIN Alauddin Makassar selesai tahun 2001 serta Strata Dua di Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2009.

Beraktifis di organisasi bukan hal baru baginya. Aktifitas organisasi ekstra kampus  digelutinya, sejak  menjadi kader di HMI Tahun 1996, alumni Advance Training Badko HMI JABAGBAR Tahun 1999, Ketua PTKP  HMI Cab.Gowa Raya 2001/2002. Di organisasi Intra Kampus sebagai Wakil Ketua   DEMA IAIN periode 1999/2001 . Ditingkat  organisasi mahasiswa  daerah menjabat Ketua Umum PP.IMPS 2001-2003.

Aktifitas di NGO pernah digeluti di Spedisia Makassar dan surveyor LSKP Tahun 2008 . Pada saat menempuh pendidikan S2 terlibat aktif di kepengurusan Forum Mahasiswa Pascasarjana Unhas 2004 dan Wasekjend Forum Pascasarjana Seindonesia Tahun 2007. Bahkan untuk pelaksanaan pemilihan langsung Ketua Umum Forum Mahasiswa Pascasarjana Unhas dia diamanahkan sebagai Koordinator Steering . Di dunia aktifis  kepemudaan pernah menjadi ketua bidang Politik KNPI Soppeng dan Pengurus KAHMI Kabupaten  Soppeng sampai sekarang. Dari tempaan organisasi inilah menjadikannya sosok yang memiliki sikap yang teguh/berkarakter.

Pengalaman menjadi komisioner divisi teknis kepemiluan di KPU Soppeng periode 2008-2013 dan alumni BRIDGE KPU RI Tahun 2011  menjadi bekal dalam melanjutkan  aktifitasnya kembali  menjadi komisioner KPU Soppeng di periode kedua hasil penggantian antar waktu(PAW) periode 2015-2018.

Sebagai Komisioner KPU Soppeng  pada  divisi Pengembangan SDM dan Sosialisasi Pendidikan Pemilih visinya adalah terwujudnya pemilu, pilbup/pilgub yang berkualitas dengan  misi penguatan kualitas Sumber Daya Penyelenggara dan  pendidikan politik kepada masyarakat dalam bingkai asas penyelenggaraan pemilu..Salahsatu terobosan yang dilakukan adalah membranding  program sosialisasi yang terstruktur,sistematis dam massif yang diberi nama Gerakan Sosialisasi Pemilih di singkat GARANSI PEMILIH Komisi pemilihan Umum kabupaten Soppeng.

5. Anggota : Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Si

muh. hasbi

Biodata :

Muhammad Hasbi adalah aktivis NGO dan akademisi.  Lahir pada, 12 Oktober 1970. Suami dari Muthiah Rahimah, SE dan ayah dari tiga orang anak yakni A. Fariz Rezqa Muhammad, A. Puji Rezqa Abimuthiah, A. We Colli. Lulusan Universitas Hasanuddin Jurusan Ilmu Pemerintahan 1996 dan program studi Administrasi Pembangunan Pascasarjana Universitas Hasanuddin tahun 2002. Mantan aktifis era 90-an ini pernah menjabat Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAPEM) 1993-1994, salah satu deklarator Forum Kerjasama Mahasiswa Pemerintahan Indonesia (FOKERMAPI) 1993, Sekjen FOKERMAPI Wilayah Indonesia Timur 1994, dan Ketua Senat FISIP UNHAS  1995. Direktur Sumber Daya Manusia Pusat Riset dan Pengembangan Ilmu Pemerintahan Indonesia (PUSRIPI) 1997.

Pengalaman kepemiluan yang dimiliki adalah sebagai relawan UNFREL-CETRO Pemantau Pemilu 1999, relawan LSKP-CETRO pemantau Pilkada Kab. Soppeng 2005 dan Peneliti pada Survey Perilaku Politik Pemilih Pilkada Kab. Soppeng 2005. Penulis Buku Bunga Rampai Kemahasiswaan-Bangun Citra Gapai Cita, 1994 dan Membangun Kemitraan Strategis Organisasi Non Pemerintah (ORNOP) Dengan Stakeholder Sebagai Instrumen Demokrasi 2003.

Sekretaris KPU Soppeng    :  Drs. Mansyur, M.Si

sekretaris kpu

Biodata :

Drs. Mansyur, M.Si, pria kelahiran Mattoanging Kabupaten Soppeng tanggal 31 Desember 1964 ini telah menimba banyak pengalaman di berbagai instansi sebelum akhirnya menjabat sebagai Sekretaris KPU Kabupaten Soppeng mulai tahun 2010 hingga sekarang.

Menikah dengan Hj. Muslina Rahman, S.Sos kemudian dianugerahi seorang putera. Mengeyam pendidikan di SD No. 31 Tellang, kemudian SMP Negeri 2 Watansoppeng, serta SMA Negeri 200 Watansoppeng. Setelah itu, menamatkan  studi Strata Satu di STIKS Ujung Pandang dan Strata Dua di UNTAG Surabaya.

Pada tahun 1995 ,Ia dipercaya menjadi Kasubsi Pulahta Kandep. Sosial Kab. Gowa, KAUR Umum Dinas Sosial Kab. Gowa, Kasi Kesejahteraan Anak dan Keluarga Dinas Sosial Kab. Gowa, Kasubdin Kesetiakawanan Sosial Dinas Sosial Kab. Gowa, Kabid Hubungan Antar Lembaga Bakesban Kab. Gowa, Kabid Penanganan Masalah Aktual Bakesban Kab. Gowa, Kabid Program BKD Kab. Soppeng, Sekretaris BKD Kab. Soppeng, serta Sekretaris Dinas Sosial Kab. Soppeng hingga tahun 2010, serta staf pengajar pada STIKS Ujung Pandang tahun 1990 – 2006.

DIVISI KOMISI PEMILIHAN UMUM KAB. SOPPENG

Divisi Perencanaan Keuangan, Logistik, Umum,

Rumah Tangga dan Organisasi :

Amrayadi, SH

Divisi Hukum dan Pengawasan :

Abdul Rasyid, SH

Divisi Teknis Penyelengaraan :

Asniati Muin, S.IP

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan

Pengembangan SDM :

Herlina, SE

Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi

dan Hubungan Antar Lembaga :

Muhammad Hasbi, S.Sos,M.Si

KOORDINATOR WILAYAH BINAAN

KOMISI PEMILIHAN UMUM KAB. SOPPENG

Koord. Wilayah Binaan Liliriaja & Citta :

Amrayadi, SH

Koord. Wilayah Binaan Maririwawo :

Abdul Rasyid, SH

Koord. Wilayah Binaan Lalabata & Ganra :

Asniati Muin, S.IP

Koord. Wilayah Binaan Donri- Donri & Marioriawa :

Herlina,SE

Koord. Wilayah Binaan Lilirilau :

Muh. Hasbi, S.Sos, M.Si